Danau Pauh adalah danau vulkanik yang terbentuk dan berasal dari hasil kegiatan gunung berapi. Berada di ketinggian 1.200M Dpl, luas Danau Pauh ini +/- 30 Hektar dengan kedalaman +/- 20M, serta di sekitarnya terdapat beraneka ragam flora dan fauna yang merupakan bagian dari kawasan Hutan Konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat.

   Danau Pauh ini airnya sangat jernih dan tenang tidak berombak. Sebegitu beningnya, sehingga kita dapat melihat bayangan Gunung Masurai begitu jelas bagaikan berada dalam cermin. Jika dilihat dari kejauhan Danau Pauh ini airnya terlihat berwarna biru seperti air laut. Keadaan udara dan kondisi alam yang memikat ditunjang latar belakang Gunung Masurai membuat udaranya sangat sejuk, dan menjadi sajian lengkap bagi wisatawan. Di sekitar danau terdapat rumah penduduk dengan perkebunan kopi, kayu manis, kentang, cabai dan sayuran serta pemandangan sawah yang terhampar luas.

   Danau Pauh berada di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Diapit oleh dua sungai besar yaitu Batang Mentenang dan Batang Manderas yang begitu jernih dan indah, tempat ini bagai surga yang tersembunyi bagi wisatawan. Karena menyimpan begitu banyak tempat wisata alam yang sangat indah mengagumkan serta mempesona dan begitu memberikan ketenangan bagi siapapun yang berkunjung kesini.