Haw Par Villa (Tionghoa: 虎豹別墅) adalah Taman Bermain mitologis Tionghoa di Singapura yang terletak di sepanjang Pasir Panjang Road.
Taman ini berisi lebih dari 1.000 patung dan 150 diorama raksasa yang menggambarkan adegan dari cerita rakyat, legenda, sejarah dan ilustrasi di berbagai aspek Konfuasianisme Cina. Atraksi ini termasuk patung-patung Buddha tertawa dan Kwan Im, serta diorama adegan dari Perjalanan ke barat. Atraksi yang paling terkenal adalah Sepuluh pengadilan neraka, dengan gambaran mengerikan tentang neraka dalam Mitologi China, semua diatur dalam jejak Naga 60 meter panjang.
Pengalaman magis
Bertempat di sebuah bukit di Pasir Panjang, Haw Par Villa dinamai menurut Aw bersaudara yang lahir di Myanmar dan membuat salep medis Tiger Balm.
Awalnya dibangun untuk adiknya Boon Par, sang kakak, Boon Haw, melihat rumah yang berbentuk melingkar dan hamparan taman senilai $2 juta ini sebagai suatu perjalanan memasuki mitologi Tiongkok.
Pada tahun-tahun awalnya, rumah ini dibuka untuk umum, dan bahkan dilengkapi dengan kebun binatang. Namun ketika Perang Dunia II pecah, kedua bersaudara itu meninggalkan rumah tersebut dan kabur ke luar negeri. Pasukan Jepang mengambil alih dan menggunakannya untuk mengawasi kapal-kapal di laut.
Kebangkitan akbar
Sesudah perang berakhir, putra Boon Par, Aw Cheng Chye, menambahkan sentuhan akhir pada tamannya. Pada tahun 1970-an dan 1980-an, banyak orang mengunjunginya dalam tur siang dan darmawisata sekolah – orang dewasa di Singapura akan dengan jujur bercerita bahwa taman itu membuat mereka bermimpi buruk ketika mereka masih kecil!
Pada 1985, Singapore Tourism Board mengakuisisi lahan tersebut dan memberi taman itu wajah yang baru.
Kini Anda dapat mengikuti tur berpemandu yang membawa Anda menjelajahi satu-satunya taman mitologi Tiongkok yang eklektik di dunia. Dan karena sifat grafis “10 Courts of Hell”, pengunjung dihimbau untuk bijak dalam bertindak dan didampingi oleh orang tua. Tiket masuk ke taman ini gratis.