Phang Nga (Bahasa Thai: พังงา) adalah salah satu provinsi (changwat) milik Thailand di selatan, berhadapan langsung dengan Laut Andaman. Provinsi-provinsi yang bertetanggaan langsung dengannya (dari utara, searah putaran jarum jam) adalah Ranong, Surat Thani, dan Krabi. Di selatan provinsi ini terdapat Provinsi Phuket, tetapi tidak berbagi perbatasan di darat.

Etimologi dan sejarah Phang nga Thailand modern transliterasi dari melayu kuno kata pangan, secara harfiah ‘ ‘. hutanFrase orang ‘ pangan ‘ menunjukkan ‘ kafir, pagan, orang-orang primitif ‘, menunjuk pada sebuah generalised suku atau orang biasanya menghuni wilayah hutan semenanjung melayu dan offshore pulau. 4Secara historis, selama pemerintahan raja rama ii, wilayah sekitarnya ( termasuk thalang, sekarang dikenal sebagai phuket ) disibukkan oleh burma dan begitu banyak orang melarikan diri ke kraphu nga.Di 1824 ketika pasukan siam mengalahkan burma dan diusir, yang mengejar raja rama iii berganti nama menjadi wilayah utama berdekatan ke teluk phang-nga.Bastardisation ini melayu yang pangan menawarkan jelas kelihatan potensi semua daerah kemungkinan besar dihuni orang asli asli orang. atau lainnya1933 kota ini dipromosikan status. hingga provinsiPada pagi hari 26 desember 2004 laut andaman pantai provinsi sangat terpukul oleh tsunami dan ribuan kehilangan nyawa mereka

Kepulauan Similan

   (bahasa Thai: หมู่เกาะสิมิลัน, Thai pronunciation: , bahasa melayu: Pulau Sembilan) adalah sekelompok pulau di Laut Andaman  di lepas pantai, dan bagian dari, Provinsi Phang Nga, selatan Thailan. Ini adalah sebuah taman nasional Mu Ko Similan, yang dihimpun pada 1982 setelah pertimbangan setahun dari kementerian kehutanan.

Taman Nasional Khao Lak – Lam Ru

(Thailand : อุทยานแห่งชาติ เขา หลัก – ลำ รู่ ) adalah sebuah Taman Nasional di Provinsi Phang Nga  , Thailand . Taman ini dinamai untuk dua puncak gunung, Khao Lak dan Lam Ru. Ini juga mencakup pantai dan hutan. Awalnya taman ini adalah taman pantai, tetapi pada tahun 1984 diperluas untuk mencakup daerah berhutan dan pegunungan di pedalaman dan untuk melindungi cekungan drainase  utama provinsi. Pada 30 Agustus 1991, Khao Lak-Lam Ru menjadi taman nasional ke-66 Thailand.

Tsunami Samudera Hindia Desember 2004 menyebabkan banyak korban di Khao Lak. Karena lokasinya dan garis pantai, daerah ini mengalami yang terburuk  di daerah manapun di Thailand, dengan lebih dari 4.000 kematian.