Singapore Zoo dalam bahasa Melayu adalah Taman Haiwan Singapura , sebelumnya dikenal sebagai Singapore Zoological Gardens dan dikenal secara local sebagai Mandai Zoo

Singapore Zoo adalah sebuah kebun binatang di singapura. Kebun binatang ini dibuka pada tanggal 27 Juni 1973.kebun ini dioperasikan oleh Wildlife Reserves Singapore, yang juga mengelola Night Safari dan Jurong Bird Park.

Singapore Zoo berada dikawasan Upper Seletar Reservoir. Memiliki luas 26 hektar, menampung 2.800 ekor hewan dari 300 spesies, dimana 26 % terancam punah. Awal masuk kita akan disambut dengan reflika dinasaurus

Lokasi   : 80 Mandal Lake Road Singapura

Buka Pukul   : 08.30 – 18.00

Tiket masuk Singapore Zoo  : > Dewasa SGD 33  (Rp. 310.000)        > Anak- anak SGD 22 (Rp. 207.000)

Total koleksi   : 2.800

total spesies   : 3–

Pengunjung pertahun  : 1,6 juta

Singapore Zoo bisa diakses naik MRT dilanjutkan dengan bus gratis. Dari MRT Cho Kang di North South Line, anda bisa naik bus gratis nomor 927. jika dating dari MRT Ang Mo Koi di North South Line, naiklah bus gratis nomor 138.

Disini kita dapat melihat kehidupan alam liar dari berbagai pelosok bumi. Mulai dari padang rumput Afrika tempat hidupnya singa, zebra, dan badak sampai lembah Ethiophia yang menjadi habitan kolonia babon. Tak lupa, gurun Australia yang dihuni kangguru. Settingan yang natural bisa kamu temukan diseputaran kebun binatang yang memiliki luas puluhan hektar ini.

Selain itu untuk anak-anak bisa menaiki kuda poni dengan memandang pemandangan indah Bendungan Upper Seletar dari sisi lain pinggiran Rainforest Kidworrld.

Dan ada pun pertunjukan sirkus atraksi ketangkasan antara manusia dengan binatang yang sering digelar didalam arena.

Terdapat restoran Ah Meng , di mana saat kita makan di restaurant itu kita bisa berfoto bersama orang utan pada pukul 09.00-10.00.

Kemudian di Fragile Forest kita bisa melihat monyet saki dengan kekelawar. Selain itu juga serangga seperti kecoa madagastar himgga gambaran proses metamorphosis ulat menjadi kupu-kupu. Dan kiata juga bisa melihat Inuka.

Inuka lahir di Singapore 26 Desember 1990 adalah beruang kutub jantan dan Inuk aadalah mascot Singapore zoo. Rumah Inuka ditempatkan di dalam pameran frozen tundra sungai safari, yang bertujuan tentang pentingnya glister dan ekosistem air tawar semi beku, diantara biota dunia yang paling terancam.

Fasilitas keliling kebun binatang ini bisa menggunakan trem, jika lelh berjalan kaki. Jika malam tiba kita bisa mengikuti Night Safari yang memberikan pengalaman unik tersendiri.Sekarang Singapore Zoo melangkah lebih jauh agar menjadi learning zoo/ kebun binatang pendidikan agar dapat maksimal menyampaikan pesan tentang konservasi.