Universal Studios Singapore dibuka pada bulan Januari 2010, merupakan wahana bermain Universal Studios yang pertama kali dibuka di wilayah Asia Tenggara, dan merupakan yang kedua di wilayah Asia setelah Universal Studio Japan. Taman bermain bertema film-film terkenal Hollywood  produksi Universal Studios  ini berlokasi di Pulau Sentosa, Singapura.

Taman bermain dengan luas 20 hektar ini menduduki hampir separuh dari 49 hektar wilayah Resorts Worlds Sentosa. Didalamnya terdapat 24 atraksi dan 7 tempat tematik, yang mengambil tema tema film film blockbuster atau televisi yang menarik, sehingga ada banyak karakter atau tokoh film disini. Selain itu juga terdapat Roller Coaster yang cukup tinggi dan menegangkan.

Zona Hollywood Merupakan zona Hollywood yang mengambil tema dari kehidupan Hollywood Boulevard. Tempat ini merupakan zona utama dari wahana ini dan menjadi zona kunjungan pertama pada waktu pengunjung tiba kesana. Pengunjung dapat merasakan suasana Hollywood Boulevard disana, dengan arsiteknya yang khas, pohon palm dan jalan Walk of Fame. Atraksi yang ada disini adalah Pantages Hollywood Theatre merupakan theater dengan gaya Broadway untuk menampilkan drama, musik dan pertunjukan lainnya. Tempat ini memiliki 1500 kapasitas tempat duduk yang biasanya menampilkan Universal Monsters (“Monster Rock”) dengan musik rock n roll nya Karakter film yang muncul di zona ini diantaranya PO dari film Kunfu Panda, Monster Frankestein, Woody and Winnie Woodpecker, Marilyn Monroe, Charlie Chaplin, Beetlejuice, Betty Boop, Scorpion King dan Anck-Su-Namun.

Zona Newyork merupakan Zona yang mengambil cerita miniatur kota New York, dengan model khasnya trademark city skyline. Terdapat juga replika gedung perpustakaan kota New York dengan dua singa di pintu masuknya. Atraksi yang ada disini yaitu Light! Camera! Action! dan Stage 28. Suatu atraksi pertujukan dalam pembuatan film.

Zona Sci-Fi City merupakan zona imajinasi dan menunjukkan bagaimana kota metropolitan masa depan akan terjadi. Pada zona ini digambarkan mengenai kehidupan yang modern dengan aneka cerita dari masa lalu dan budaya yang pernah terjadi pada kota itu. Dan berkembang menjadi kota internasional dengan pengunjung dari seluruh dunia dan planet lain. Cerita dasar zona ini mengambil setting atau latar belakang serial tv populer yaitu Battlestar Galactica. Pada zona ini terdapat dueling roller coaster yang tertinggi di dunia.Atraksi pada zona ini diantaranya Battlestar Galactica Cylon yaitu roller coaster layang dengan berputar putar lintasannya, Battlestar Galactica Human yaitu roller coaster duduk tanpa berputar, Transformers akan dibuka tahun 2011, dan Accelerator.

Zona Mesir Kuno (Ancient Egypt) merupakan zona mesir dengan latar belakang era tahun 1930 dimana eksplorasi mesir sedang dilakukan. Zona ini diisi dengan bangunan bergaya obelisk dan piramida yang khas. Terdapat juga makam firaun di areal ini. Pengunjung yang datang kesini akan berperan sebagai penjelajah arkeolog yang berani untuk menungkap misteri pada negeri ini. Peran yang digunakan ini mirip dengan peran Brendan Fraser pada film The Mummy.Atraksi yang ada disini yaitu : Revenge of The Mummy yaitu penjelajahan lorong dengan kendaraan berkecepatan tinggi dan berbagai tikungan tajam dan cepat, dan terdapat bola api dan prajurit mumi yang akan menyerang, dan semua disajikan dalam kegelapan. Treasure Hunters, yaitu suatu atraksi dimana pengunjung akan menaiki mobil jip dan disana harus menjelajahi gurun pasir.

Zona The Lost World Merupakan zona masa jaman dinasaurus dan kita akan memasuki areal itu seperti halnya pada film Jurrasic Park. Areal pada zona ini diatur sedemikian rupa untuk menyerupai film Jurrasic Park. Selain itu juga terdapat areal berdasarkan film Waterworld.

Zona Far Far Away Merupakan zona yang terinspirasi dari karya DreamWorks Animations pada kisah dongeng fairy tale film Shrek. Disana akan ditemui bagaimana kehidupan karakter film Shrek hidup sehari hari, seperti rawa rumah Shrek, dan juga terdapat istana Far Far Away yang dibuat pertama kalinya didunia. Didalam zona ini terdapat suara suara dari Mike Myers, Eddie Murphy, Antonio Banderas dan Cameron Diaz. Karakter film pada zona ini adalah Shrek, Donkey, Puss In Boots dan Princess Fiona.

Zona Madagascar Merupakan zona yang mengambil cerita dari film animasi Madagaskar, dimana terdapat empat hewan dari kebun binatang New York yang ingin ke alam bebas namun terdampar di pulau Madagaskar. Pada zona ini menampilkan hutan tropis yang rimbun.

Harga tiket masuk ini adalah sebesar S$66 per orang untuk usia 13-64, untuk anak anak usia 4 – 12 harganya S$48, sedangkan untuk usia lanjut diatas 64 tahun harganya S$ 32. Harga tiket ini untuk bisa memasuki semua wahana permanainan yang ada, kecuali ada tanda tambahan biaya lain, selama satu hari penuh. Jika ingin masuk dengan selama 2 hari, maka harganya S$118 untuk dewasa, S$88 untuk anak anak, dan S$58 untuk usia lanjut. Pembelian tiket ini dapat dipesan pada alamat http://www.rwsentosa.com. Jam operasionalnya dari jam 10 pagi sampai jam 7 malam.

Transportasi ke universal studios :

Cara ke Universal Studio Singapore naik MRT Monorail Sentosa Express,cara ini merupakan cara yang paling populer;pertama kita naik MRT Turun di stasiun Harbour Front. di stasiun MRT ini kita berada tepat di mal Vivo City, kemudian kita naik kelantai 3 kemudian sambung monorail. Lokasi Universal Studio Singapore ada di stasiun berikutnya. namanya waterfront station (1 stop)biaya monorail 4$ waktu perjalanan plus antri sekitar 10 menit. pagi hari jam 10-12 antrian nya cukup ramai, dan cukup padat.

Alternatif cara untuk mencapai Universal Studio Singapore

bisa Naik taxi.

tinggal sebut ke Universal Studio tidak perlu bilang Alamat UniversalStudio Singapore supir taxi pasti antar sampai tujuan.Selain itu ada cara Transportasi ke Universal Studio Singapore yang unik & seru.

bisa Naik Uber/Grab 

seperti biasa, instal apps, bayar via kartu kredit / cash

Cable Car Sentosa Singapore

Naik Cable Car sungguh menyenangkan, karena di sini kita bisa melihat pemandangan dari keseluruhan Pulau Sentosa. Selain itu juga cable car ini juga sudah di perpanjang sehingga mempunyai jalur sepanjang 5 km, yang merentang sampai bukit mount faber dan pantai Siloso. biaya naik Cable Car adalah 29$, namun bapak ibu bisa dapatkan tiket diskonya       total lama perjalanan menikmati pemandangan dan berfoto foto di tempat menarik sekitar 1 jam – 2 Jam.